Selasa, 20 Maret 2012

Jenis-jenis Garansi Blackberry yang dijual di Indonesia



Sebelum anda membeli Blackberry, ada baiknya anda mencari tau terlebih dahulu mengenai jenis-jenis garansi Blackberry yang dijual di Indonesia. Blackberry yang dijual di Indonesia memiliki beberapa jenis garansi, antara lain: garansi resmi RIM (operator dan distributor), garansi distributor non RIM, dan garansi toko/penjual. Dari ketiga jenis garansi yang ditawarkan, tentunya masing-masing memiliki perbedaan ciri dan ketentuan yang berlaku. Semuanya akan dijelaskan dalam tulisan saya di bawah ini.
1.    Garansi Resmi RIM
Blackberry dikatakan mempunyai garansi resmi jika Blackberry tersebut mendapat garansi yang diberikan oleh Research In Motion (RIM) selaku pemilik dan operator Blackberry di seluruh dunia. Di Indonesia RIM memberikan hak garansi resmi kepada Operator selular yang ada di Indonesia (seperti Telkomsel, Axis, XL, Indosat, dan Smart), dan distributor yang bekerja sama dengan Brightpoint selaku Distributor Global Blackberry. Distributor-distributor resmi RIM di Indonesia yaitu Teletama Artha Mandiri (TAM), Seluler Media Infotama (Selluler Shop/SS), dan PT Comtech (Trikomsel).

Dari operator dan distributor inilah Blackberry baru bisa dikatakan bergaransi RESMI dari RIM karena ketentuan standar garansi Internasional RIM seperti penggantian unit baru bisa diberikan jika unit Blackberry yang didapat konsumen mengalami PIN suspended atau rusak karena faktor pabrikasi.

Kesimpulannya:
·         Garansi Resmi RIM Operator    : Telkomsel, Axis, XL, 3, Indosat, & Smart
·         Garansi Resmi RIM Distributor : TAM, SS (Seluler Shop), & Comtech (CTN/Trikomsel)

Penjelasan tentang garansi resmi Blackberry dari RIM dirilis secara resmi di situs Blackberry Indonesia, sehingga jika ada penjual Blackberry yang memberikan informasi yang berbeda anda dapat mengkoreksinya.

Garansi Blackberry resmi RIM dari operator dan distributor memiliki persamaan dan perbedaan, perbedaannya antara lain:
·         Blackberry garansi operator penggunaannya dibatasi hanya untuk satu SIM card saja (dari operator yang bersangkutan) sehingga tidak bisa dipakai untuk SIM card operator lain kecuali sudah di unlock. Sedangkan garansi resmi RIM distributor bisa langsung dipakai oleh berbagai operator yang ada di Indonesia.
·         Tidak semua jenis type Blackberry disediakan oleh operator, hanya type-type tertentu saja yang mereka sediakan/jual dan biasanya jika ada model baru kita harus indent terlebih dahulu. Sedangkan Distributor menyediakan semua type Blackberry dan biasanya tidak perlu indent.
·         Terdapat logo operator pada saat loading ponsel, logo pada body Blackberry dan logo di kartu garansi jika anda membeli Blackberry garansi resmi RIM dari operator. Jika anda membeli garansi resmi RIM Distributor, logo distributor hanya terdapat di box, body dan kartu garansi saja.
·         Ponsel Blackberry garansi resmi RIM operator mengalami kerusakan atau bermasalah biasanya diganti dengan unit baru karena lebih efisien, efektif, dan menyangkut nama baik dari operator tersebut.
Sedangkan jika ponsel Balckberry garansi resmi RIM distributor mengalami kerusakan, biasanya hanya diperbaiki. Jarang sekali yang diganti unit baru, meskipun ada juga distributor yang mengganti dengan unit yang baru walaupun jarang. Paling sering adalah unit yang mengalami kerusakan diperbaiki oleh service center distributor yang bersangkutan.
·         Harga ponsel Blackberry garansi resmi RIM dari operator relatif lebih MAHAL daripada garansi resmi RIM distributor.

Sedangkan persamaannya adalah:
·         Garansi PIN seumur hidup, mencakup spare part dan service, aksesori original, box terdapat logo dari operator/distributor resmi yang bersangkutan beserta ijin dari Dirjen Postel/DJPT.
·         Biasanya harganya relatif lebih MAHAL dari garansi distributor non RIM dan garansi toko.
·         Lama garansi resmi dari RIM adalah 2 tahun.

2.    Garansi Distributor Non RIM
Garansi Distributor Non RIM adalah garansi yang hanya diberikan oleh Distributor yang memasukkan Blackberry ke Indonesia dan garansi tersebut bukan diberikan oleh RIM selaku pemilik dan operator Blackberry di seluruh dunia. Sehingga tidak memiliki standar garansi yang diberikan oleh RIM seperti garansi internasional. Walaupun demikian distribusi atau penjualan dari Distributor non RIM ini adalah resmi dan mempunyai ijin resmi dari Dirjen Postel untuk mendistribusikan Blackberry di Indonesia. Distributor Blackberry non RIM yang ada di Indonesia  dan memberikan garansi selama 2 tahun, antara lain, Berrindo, Bless, Royal, Q-Tel, dan lain-lain.

Blackberry garansi distributor non RIM tidak berarti jelek, bahkan kadang-kadang mendapatkan unit yang dibuat di Canada dengan nomor IMEI angka ke-7 dan ke-8 adalah 04 yaitu negara pembuat Blackberry kualitas terbaik di dunia.

Untuk mengetahui negara asal pembuat Blackberry kita perlu melakukan sedikit trik yaitu dengan mengetikkan *#06# maka akan muncul IMEI 15 digit.
Contoh:      123456 . 04 . 1234567 maka digit ke 7 dan 8 adalah 04, yang artinya:
·         04 buatan Canada (limited) dengan kualitas terbaik di dunia, Rangking 1
·         00 buatan Finland dengan kualitas sangat bagus, Rangking 1-2
·         03 buatan Perancis atau Canada dengan kualitas paling baik, Rangking 3
·         08 atau 80 buatan Jerman dengan kualitas lumayan, Rangking 4
·         02 atau 20 buatan Asia dengan kualitas paling tidak lumayan, Rangking 5

Harga Blackberry garansi distributor non RIM biasanya lebih MURAH daripada garansi resmi RIM. Jika Blackberry mengalami kerusakan jarang sekali yang mendapat penggantian baru, yang paling sering adalah dilakukan perbaikan. Ciri lain yang paling sering terjadi adalah, batere baru tidak dijamin original meskipun ada juga yang mendapatkan batere original.

3.       Garansi Toko/Penjual
Blackberry baru garansi toko/penjual biasanya hanya berani memberikan garansi paling lama 1 bulan yang meliputi  PIN aman (tidak ada potensi suspend) dan unit tidak rusak. Akan tetapi harganya PALING MURAH dibandingkan dengan garansi lainnya. Ciri khas Blackberry garansi toko biasanya adalah box dengan logo operator luar negeri (seperti Verizon, AT&T, dll), atau tanpa logo pada box, box tidak rapi atau cetakan jelek. Aksesori seperti charger dan batere biasanya (80%) tidak original.

Anda ingin membeli Blackberry garansi yang mana, semua kembali pada kebutuhan anda. Anda lebih memilih  Blackberry anda aman namun harus rela membayar agak mahal atau anda ingin mencari Blackberry yang murah dan yang penting gaul namun hanya memiliki garansi selama 1 bulan. Pepatah mengatakan Ada Harga Ada Kualitas dan biasanya harga tidak pernah bohong ( kecuali anda kena tipu :D ). Semua kembali pada kebutuhan dan pilihan anda.

Saya sendiri menggunakan Blackberry dengan garansi distributor non RIM (Berrindo, pembelian awal tahun 2010) dengan digit ke 7 dan 8 pada nomor IMEI adalah 04 (buatan Canada, tertulis juga pada body bagian dalam). Batere dan Blackberry saya pun masih tetap awet sampai dengan sekarang.

Apapun pilihan Blackberry anda, apapun garansi yang akan anda pilih, sebaiknya anda tetap teliti sebelum membeli dan periksa sebelum membayar, agar anda tidak kecewa karena timbulnya masalah pada Blackberry anda. Ada baiknya anda luangkan waktu sejenak untuk membaca tulisan saya yang lain (masih di Blog yang sama) mengenai Tips-tips dalam Membeli Blackberry.


Diolah dari berbagai sumber:

1 komentar: