Sebelum
anda membeli Blackberry,
ada baiknya anda mencari tau terlebih dahulu mengenai jenis-jenis garansi
Blackberry yang dijual di Indonesia. Blackberry yang dijual di Indonesia
memiliki beberapa jenis garansi, antara lain: garansi resmi RIM (operator dan
distributor), garansi distributor non RIM, dan garansi toko/penjual. Dari
ketiga jenis garansi yang ditawarkan, tentunya masing-masing memiliki perbedaan
ciri dan ketentuan yang berlaku. Semuanya akan dijelaskan dalam tulisan saya di
bawah ini.
1.
Garansi Resmi
RIM
Blackberry
dikatakan mempunyai garansi resmi jika Blackberry tersebut mendapat garansi
yang diberikan oleh Research In Motion (RIM) selaku pemilik dan operator Blackberry di
seluruh dunia. Di Indonesia RIM memberikan hak garansi resmi kepada Operator
selular yang ada di Indonesia (seperti Telkomsel,
Axis, XL,
Indosat, dan Smart),
dan distributor yang bekerja sama dengan Brightpoint selaku Distributor Global
Blackberry. Distributor-distributor resmi RIM di Indonesia yaitu Teletama Artha Mandiri (TAM), Seluler Media Infotama (Selluler Shop/SS), dan PT Comtech (Trikomsel).
Dari
operator dan distributor inilah Blackberry baru bisa dikatakan bergaransi RESMI dari RIM karena ketentuan standar
garansi Internasional RIM seperti penggantian unit baru bisa diberikan jika
unit Blackberry yang didapat konsumen mengalami PIN suspended atau rusak karena
faktor pabrikasi.
Kesimpulannya:
·
Garansi Resmi
RIM Operator
: Telkomsel, Axis, XL, 3, Indosat,
& Smart
·
Garansi Resmi
RIM Distributor
: TAM, SS (Seluler Shop), &
Comtech (CTN/Trikomsel)
Penjelasan
tentang garansi resmi Blackberry dari RIM dirilis secara resmi di situs
Blackberry Indonesia,
sehingga jika ada penjual Blackberry yang memberikan informasi yang berbeda
anda dapat mengkoreksinya.
Garansi
Blackberry resmi RIM dari operator dan distributor memiliki persamaan dan
perbedaan, perbedaannya antara lain:
·
Blackberry
garansi operator penggunaannya dibatasi hanya untuk satu SIM card saja (dari operator
yang bersangkutan) sehingga tidak bisa dipakai untuk SIM card operator lain
kecuali sudah di unlock. Sedangkan garansi resmi RIM distributor bisa langsung
dipakai oleh berbagai operator yang ada di Indonesia.
·
Tidak
semua jenis type Blackberry disediakan oleh operator, hanya type-type tertentu
saja yang mereka sediakan/jual dan biasanya jika ada model baru kita harus
indent terlebih dahulu. Sedangkan Distributor menyediakan semua type Blackberry
dan biasanya tidak perlu indent.
·
Terdapat
logo operator pada saat loading ponsel, logo pada body Blackberry dan logo di
kartu garansi jika anda membeli Blackberry garansi resmi RIM dari operator.
Jika anda membeli garansi resmi RIM Distributor, logo distributor hanya terdapat
di box, body dan kartu garansi saja.
·
Ponsel
Blackberry garansi resmi RIM operator mengalami kerusakan atau bermasalah
biasanya diganti dengan unit baru karena lebih efisien, efektif, dan menyangkut
nama baik dari operator tersebut.
Sedangkan
jika ponsel Balckberry garansi resmi RIM distributor mengalami kerusakan,
biasanya hanya diperbaiki. Jarang sekali yang diganti unit baru, meskipun ada
juga distributor yang mengganti dengan unit yang baru walaupun jarang. Paling
sering adalah unit yang mengalami kerusakan diperbaiki oleh service center
distributor yang bersangkutan.
·
Harga
ponsel Blackberry garansi resmi RIM dari operator relatif lebih MAHAL daripada garansi resmi RIM
distributor.
Sedangkan
persamaannya adalah:
·
Garansi
PIN seumur hidup, mencakup spare part dan service, aksesori original, box
terdapat logo dari operator/distributor resmi yang bersangkutan beserta ijin
dari Dirjen Postel/DJPT.
·
Biasanya
harganya relatif lebih MAHAL dari
garansi distributor non RIM dan garansi toko.
·
Lama
garansi resmi dari RIM adalah 2 tahun.
2.
Garansi
Distributor Non RIM
Garansi
Distributor Non RIM adalah garansi yang hanya diberikan oleh Distributor yang
memasukkan Blackberry ke Indonesia dan garansi tersebut bukan diberikan oleh
RIM selaku pemilik dan operator Blackberry di seluruh dunia. Sehingga tidak
memiliki standar garansi yang diberikan oleh RIM seperti garansi internasional.
Walaupun demikian distribusi atau penjualan dari Distributor non RIM ini adalah
resmi dan mempunyai ijin resmi dari Dirjen Postel untuk mendistribusikan
Blackberry di Indonesia. Distributor Blackberry non RIM yang ada di
Indonesia dan memberikan garansi selama
2 tahun, antara lain, Berrindo, Bless, Royal, Q-Tel, dan lain-lain.
Blackberry garansi
distributor non RIM tidak berarti jelek, bahkan kadang-kadang mendapatkan unit
yang dibuat di Canada dengan nomor IMEI angka ke-7 dan ke-8 adalah 04 yaitu
negara pembuat Blackberry kualitas terbaik di dunia.
Untuk mengetahui
negara asal pembuat Blackberry kita perlu melakukan sedikit trik yaitu dengan mengetikkan
*#06# maka akan muncul IMEI 15 digit.
Contoh: 123456
. 04 . 1234567 maka digit ke 7 dan 8 adalah 04, yang artinya:
·
04 buatan Canada (limited) dengan kualitas
terbaik di dunia, Rangking 1
·
00 buatan Finland dengan kualitas sangat bagus,
Rangking 1-2
·
03 buatan Perancis atau Canada dengan kualitas
paling baik, Rangking 3
·
08 atau 80 buatan Jerman dengan kualitas
lumayan, Rangking 4
·
02 atau 20 buatan Asia dengan kualitas paling
tidak lumayan, Rangking 5
Harga Blackberry garansi distributor non RIM biasanya lebih
MURAH daripada garansi resmi RIM.
Jika Blackberry mengalami kerusakan jarang sekali yang mendapat penggantian
baru, yang paling sering adalah dilakukan perbaikan. Ciri lain yang paling
sering terjadi adalah, batere baru tidak dijamin original meskipun ada juga
yang mendapatkan batere original.
3.
Garansi
Toko/Penjual
Blackberry baru garansi toko/penjual biasanya hanya berani
memberikan garansi paling lama 1 bulan
yang meliputi PIN aman (tidak ada
potensi suspend) dan unit tidak rusak. Akan tetapi harganya PALING MURAH dibandingkan dengan
garansi lainnya. Ciri khas Blackberry garansi toko biasanya adalah box dengan
logo operator luar negeri (seperti Verizon, AT&T, dll), atau tanpa logo
pada box, box tidak rapi atau cetakan jelek. Aksesori seperti charger dan
batere biasanya (80%) tidak original.
Anda ingin membeli Blackberry garansi yang mana, semua kembali pada
kebutuhan anda. Anda lebih memilih Blackberry anda aman namun harus rela membayar
agak mahal atau anda ingin mencari Blackberry yang murah dan yang penting gaul
namun hanya memiliki garansi selama 1 bulan. Pepatah mengatakan Ada Harga Ada
Kualitas dan biasanya harga tidak pernah bohong ( kecuali anda kena tipu :D ).
Semua kembali pada kebutuhan dan pilihan anda.
Saya sendiri menggunakan Blackberry dengan garansi distributor non RIM
(Berrindo, pembelian awal tahun 2010) dengan digit ke 7 dan 8 pada nomor IMEI
adalah 04 (buatan Canada, tertulis juga pada body bagian dalam). Batere dan Blackberry
saya pun masih tetap awet sampai dengan sekarang.
Apapun pilihan Blackberry anda, apapun garansi yang akan anda pilih,
sebaiknya anda tetap teliti sebelum membeli dan periksa sebelum membayar, agar
anda tidak kecewa karena timbulnya masalah pada Blackberry anda. Ada baiknya
anda luangkan waktu sejenak untuk membaca tulisan saya yang lain (masih di Blog
yang sama) mengenai Tips-tips dalam Membeli Blackberry.
Diolah dari berbagai sumber:
Sangat membantu.. thank's infonya
BalasHapus